Blog Article

https://ardpratama.blogspot.com/favicon.ico ardpratama

Membuat dan Redirect Login Hotspot Mikrotik

Assalamualaikum 

Selamat malam paman pengguna blogger, kali ini saya akan mencoba membuat halaman login hotspot di mikrotik. Skemanya adalah sebelum client atau pelanggan menikmati internet dia harus login dulu menggunakan user dan password yang sudah kita atur. Pertama pastikan sobat sudah punya mikrotik dan klien nya untuk uji coba.

Sekarang pastikan klien sudah terkoneksi ke internet secara dhcp tanpa menggunakan login terlebih dahulu.

bila belum coba ke halaman Konfigurasi DHCP dan NAT terlebih dahulu

bila sudah lanjut ke mikrotik. Login lewat winbox

ip hotspot | ardpratama

Pergi ke IP --> Hotspot

menambah server hotspot | ardpratama

Kemudian pilih [+] lalu isikan 
Name : Nama Hotspot
Interface : Interface yang terhubung ke client
Address Pool : Pool dari yang digunakan di dhcp
Kemudian Ok


Menambah user hotspot | ardpratama

Lalu pindah ke tab users pilih [+] lagi
Server : Pilih server yang sudah kita buat tadi
Name : username untuk login di client
Password : Password untuk username
Kemudian pindah ke tab limit untuk mengatur client

Limit user hotspot | ardpratama

Limit uptime : digunakan untuk mengatur lama sesi user aktif
Kemudian limit lainya mengatur batas paket akses suatu user yang aktif

hotspot user profile | ardpratama

Kemudian pindah ke tab User Profiles lalu isikan
Address Pool : Pool dhcp sobat
Shared users : Jumlah client yang bisa terkoneksi ke hotspot dengan user tersebut secara bersamaan
kemudian klik OK.

Konfigurasi di mikrotik sudah selesai. Mudah kan hehe

login mikrotik | ardpratama

Nah untuk pengetesan kita coba membuka browser di client dan saya mencoba mengakses ardpratama.blogspot.com maka saya akan teralihkan ke halaman login mikrotik.

Kemudian saya akan memasukan user dan password yang sudah saya buat tadi di mikrotik dan ketika berhasil login akan di redirect ke halaman tujuan awal. jeng jeng :v

ardpratama.blogpsot.com

kemudian kita bisa melihat status dari user yang kita gunakan. ketikan IP hotspot/status.
Karena hotspot saya berada di IP 192.168.10.2 maka saya mengetikan http://192.168.10.2/status untuk melihat status dari user yang saya pakai

status login hotspot mikrotik | ardpratama

Di status kita bisa melihat IP address kita, paket yang telah terkirim dan diterima, waktu konek, dan status refresh. disini pun kita juga bisa log off untuk menghemat paket.

Ok saya rasa posting kali ini tentang membuat login hotspot mikrotik untuk mengalihkan client ke halaman login sebelum terkoneksi ke internet sudah selesai. Pada posting selanjutnya mungkin saya akan merubah tampilan login mikrotik. terima kasih sudah berkunjung. terima kasih sudah membuat saya sholat tepat waktu dan tadarus :D sampai jumpa lagi di post selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb



Membuat dan Redirect Login Hotspot Mikrotik 4.5 5 Ardi Pratama Assalamualaikum  Selamat malam paman pengguna blogger, kali ini saya akan mencoba membuat halaman login hotspot di mikrotik. Skemanya ad...

2 komentar:

  1. Gan sy mau nanya, sy kan pakai wms (wifi id ) trs sy pasang antena outdoor dengan menggunakan haplite sebagai penangkap Dr wifi sy , semua berjalan dengan baik, jd d rmh skrang sy punya dua ssid, yg pertama ssid contoh lestari , itu ssid Dr wms yg sy psang d rmh, trs ssid Dr antena sy Milan, ketika sy ingin konek Milan, sy d arahkan sih ke redirek mikrotik, tp pas sy ksi masuk pasnya, malah redirek lg ke wms sy. Sementara pas wms dan Milan sy kan beda, it cara atasinya gmana y gan, biar pas sy log-in menggunakan Milan Dr antena sy redirecknya gak lari2 lg ke halaman wifi id.mkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. di milan tidak usah di pasang hotspot saja gan.. langsungan saja..

      Hapus