Blog Article

https://ardpratama.blogspot.com/favicon.ico ardpratama

Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04

Assalamualaikum paman pengguna blogger, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04, jadi biasanya kan saya sebelumnya konfigurasi IP Address static pada linux itu melalui etc/network/interfaces lha kok pada ubuntu 18.04 yang baru saja saya install kok beda ternyata guis. Saya cek di etc/network/interfaces kok kosong dan dialihkan ke file berextensi yaml. Terus saya googling cari ternyata ketemu dan caranya simpel.

Pertama kita edit file yaml. Pada mesin saya file yaml terletak di /etc/netplan dengan nama 50-cloud-init.yaml. Gunakan editor kesayangan haha

Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04 - ardpratama

# nano 50-cloud-init.yaml
Terus kita edit file yaml nya. Berikut format pemberian IP address, gateway, dan nameserver nya. Apabila ingin IP dhcp tulis dhcp4: true. Pada saat mengedit file ini disarankan tidak mengguankan tab.

Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04 - ardpratama

network:
    ethernets:
        enp0s3:
            addresses: []
            dhcp4: true
        enp0s8:
            addresses: [192.168.11.254/24]
            gateway4: 192.168.1.1
            dhcp4: no
            nameservers:
               addresses: [8.8.8.8, 8.8.4.4]
    version: 2


Gambar diatas menunjukan bahwa saya mempunyai dua interface yaitu enp0s3 dan enp0s8. enp0s3 menggunakan ip dhcp sedangkan enp0s8 menggunakan ip static.

Kemudian simpan konfigurasi file yaml dan apply settingan netplan dengan mengetik:
# netplan apply
Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04 - ardpratama

Setelah itu cek konfigurasi ip apakah sudah betul atau belum menggunakan ifconfig

# ifconfig

Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04 - ardpratama

taraa sudah berhasil. Mungkin sekian postingan kali ini tentang Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04. Selamat bereksplorasi dan terima kasih sudah berkunjung. 

Wassalamualaikum wr. wb




Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 18.04 4.5 5 Ardi Pratama Assalamualaikum paman pengguna blogger, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara Konfigurasi Static IP Address Netplan pada Ubuntu 1...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar